Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan
dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu
(tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. (wikipedia). Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan
dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Beberapa alat multimedia
Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan
komputer saja. Alat komunikasi seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat
multimedia yang semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa
menggunakan fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan
berbagai fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya.
Selain HP atau ponsel, Camera Digital saat ini juga
sudah berfungsi sebagai perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks,
animasi walaupun belum dapat mengakses internet.
Perangkat-perangkat multimedia
Sebenarnya apa saja perangkat yang mendukung
multimedia sebuah komputer? Sekarang juga telah banyak jasa sewa multimedia.
Berikut adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan :
Perangkat Keras (Hardware).
Perangkat keras komputer adalah semua bagian
fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau
yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat
lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan
tugasnya.
Batasan antara perangkat keras
dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,
karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke
dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu
komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Perkembangan Multimedia
Pada awal
tahun 1993, Satelindo adalah perusahaan swasta yang pertama terjun pada bisnis
layanan satelit dengan meluncurkan Satelit Palapa C1. Satelit Palapa C1 dan
lalu C2 bakal berumur hingga 14 tahun. Satelit-satelit ini telah digunakan
secara luas oleh beberapa negara di ASEAN. Indonesia antara lain menggunakannya
untuk layanan komunikasi yang dikelola oleh Telkom dan Indosat, juga untuk
layanan siaran televisi 5 TV swasta dan TVRI. Bahkan digunakan untuk 5 channel
siaran langsung TV Satelit Indovision (Direct Broadcasting Satelite) yang kini
sudah berkualitas digital (19 channel). Bahkan tengah November lalu, PT.MediaCitra Indostar telah meluncurkan satelit Cakrawarta-1 untuk menggantikan
kerja Satelit Palapa C2 dalam mengudarakan siaran Indovision. Dengan satelit
ini Indovision kelak akan menyelenggarakan layanan yang bisa disebut layanan
interaktif, karena akan tersedia antara lain layanan teleconference, Video on
Demand (VoD), home shopping, home banking dan komunikasi data (internet). Ada
dua perusahaan multimedia baru lainnya yang segera akan beroperasi dengan
jaringan kabel serat optik, yaitu PT Indonusa Telemedia dan Multimedia
Nusantara. Perusahaan-perusahaan multimedia lainnya adalah: PT Multi Media Asia
Indonesia, PT Yasawirya Tama Cipta. Sehingga Indonesia boleh disebut sekarang
telah memasuki era industri multimedia
Meski layanan multimedia sudah
dioperasikan di Indonesia, namun terminologi mengenai multimedia sendiri belum
lagi akrab dengan masyarakat Indonesia. Multimedia lebih akrab dipahami sebagai
satu pencapaian teknologi pada personal computer (PC). Jika sebuah PC disebut
multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan
suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat
berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem. Padahal
multimedia memiliki arti yang lebih luas. Multimedia merupakan keterpaduan
teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya
jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi
kata multimedia terdiri dari multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan
Media berarti sarana penyampaian informasi.
Sedangkan
menurut Wahyu Wijayadi dalam sebuah makalah sebuah seminar yang diselenggarakan Indosat yang
berjudul ”Perkembangan Teknologi Multimedia dan Implementasinya”, multimedia
terdiri dari (1) unsur suara, (2) unsur gambar atau video, (3) unsur teks/data,
(4). terpadu dalam satu media penyampaian, (5). Interaktif/bukan informasi satu
arah. Sedangkan jenis jasa multimedia terdiri dari dua, yaitu berdiri sendiri
(stand alone/off line), dan terhubung dengan jaringan telekomunikasi
(network-online).
Banyak perkembangan-perkembangan baru
setelah diluncurkannya Satelit Palapa C1 & C2 beberapa tahun yang lalu.
Seperti misalnya ditaburkannya satelit komunikasi di atas langit Indonesia oleh
perusahaan-perusahaan asing di mana banyak pengusaha Indonesia terlibat dalam
kepemilikan saham di dalamnya, di antaranya adalah PT. Bakri Communication
Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit dunia untuk
memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM.
Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global
Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Sementara di
belahan lain dari bumi ini, Microsoft dengan beberapa perusahaan juga telah
merambah pada industri satelit layanan komunikasi yang lain, seperti internet,
video conference atau video on demand. Proyeknya yang terkenal sekarang ini
adalah CyberStar atau “Internet di Angkasa” yang mungkin akan menyediakan layanannya
di Indonesia.
Selain bisnis ternyata politik pun ikut
mengembangkan multimedia di Indonesia. Sejak Pemilu beberapa bulan lalu PT.
Telkom berharap tidak ada satu kecamatan pun di Indonesia yang tidak bisa
dihubungi lewat sambungan telepon dengan teknologi satelit VSAT (very small
aperture terminal). Sayangnya fasilitas yang sudah dimiliki ini tidak berfungsi
pada saat kebakaran hutan dan bencana kelaparan di Indonesia
Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secaradigital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Perangkat
Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah
komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk
mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini
digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak
sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat
lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc
Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows
Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi
utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b. Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b. Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
Perangkat
Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga
kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan
authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan
authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi
elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah
HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan
konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan
bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram alir
aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya adalah Microsoft Power Point
dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu merupakan
pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini
waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali
kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia
Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan
untuk menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle Impression,
Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Aplikasi Multimedia untuk keunggulan
bersaing di perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain sumber daya manusia,
produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain sumber daya manusia,
produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.
Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber
Daya Manusia
Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT). Misalnya peusahaan IntallShield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Aplikasi yang lain misalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan oleh L’OREAL.
Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT). Misalnya peusahaan IntallShield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Aplikasi yang lain misalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan oleh L’OREAL.
Software
Yang mendukung Pembuatan Presentasi Yang menarik
Perangkat Lunak / Software Presentasi
adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat file presentasi, biasanya
digunakan untuk menerangkan, mengajar atau presentasi sebuah proyek.
Kegunaan dan Manfaat Perangkat Lunak /
Software Presentasi
Banyak sekali kegunaan dan manfaat
program presentasi, baik dalam dunia usaha, pendidikan, kesehatan, teknik dan
sebagainya. Secara umum kegunaan software presentasi adalah sebagai berikut.
a.) Untuk merancang suatu animasi dalam
pembuatan slide untuk keperluan presentasi. Dengan dimasukannya suatu
animasi/gambar dan suara dalam setiap slide, maka penyajian akan tampak lebih
hidup serta memotivasi audiens dan tidak semata-mata komunikasi verbal melalui
penuturan kata-kata oleh pemakalah (penyaji materi) tetapi juga komunikasi
nonverbal sehingga audiens tidak bosan dan pemakalah (penyaji) tidak kelebihan
tenaga.
b.) Membuat presentasi dari suatu
produk, pelajaran, materi seminar, produk unggulan, acara wisuda, dan
sebagainya. Dalam pembuatan slide yang akan dijadikan presentasi, Microsoft
PowerPoint telah dirancang sedemikian rupa dengan panduan-panduan yang
memudahkan tingkat pemula atau biasa dikatakan newbie
Salah
satu contoh Perangkat Lunak / Software Presentasi
§ Microsoft Office Power Point
0 komentar:
Posting Komentar